Kali ini kami akan share tentang Mengolah Data dan Informasi ditempat Kerja . Disini kami membuat sebuah artikel yang kami jadikan presentasi pada sebuah tugas dari guru. Pertama kami akan menjelaskan mengenai Informasi.
Pengertian
informasi
Informasi
mempunyai manfaat dan peranan yang sangat dominan dalam suatu
organisasi/perusahaan. Tanpa adanya suatu informasi dalam suatu
organisasi, para manajer tidak dapat bekerja dengan efisien dan
efektif. Tanpa tersedianya informasi pun para manajer tidak dapat
mengambil keputusan dengan cepat dan mencapai tujuan dengan efektif
dan efisien. Sehingga bisa dibilang bahwa informasi merupakan sebuah
keterangan yang bermanfaat untuk para pengambil keputusan dalam
rangka mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Berikut
ini adalah pengertian dan definisi informasi menurut beberapa ahli:
# JONER HASUGIAN
Informasi adalah sebuah konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media
# KENNETH C. LAUDON
Informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia
# ANTON M. MOELIONO
Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan
# GORDON B. DAVIS
Informasi adalah data yang telah dirposes/diolah ke dalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nantinya
# ROBERT G. MURDICK
Informasi terdiri atas data yang telah didapatkan, diolah/diproses, atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan/penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau pembuatan keputusan
# KUSRINI
Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ni atau mendukung sumber informasi
# DAVIS
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang
# MC LEOD
Infomasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti
# FIRMANZAH
Informasi adalah data dan angka yang sudah diberi makna dan nilai
# JEREMY POPE
Informasi adalah kekuasaan. Semakin banyak orang memiliki informasi, pembagian kekuasaan akan semakin luas
Macam-Macam Alat Teknologi informasi dan Komunikasi
ALAT-
ALAT KOMUNIKASI
1.Internet
2.Telepon
3.Handphone
4.Fax
5.Pager
6.Push to talk
1.Internet
a.Definisi
Secara
harfiah,
internet
(kependekan daripada perkataan 'inter-network') ialah rangkaian
komputer
yang berhubung menerusi beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf
'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global
dan menggunakan TCP/IP
sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol).
Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.
Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan
internetworking.
b.Cara
Memakai
Buka
Mozilla atau browser lainnya , kutipkan alamat website yang dicari di
kotak (Address) lalu mulai memakainya.
c.Guna
Dari Internet
Bisa
mencari semua informasi,hiburan,maupun berita aktual dan
lainnya.Lebih praktis untuk mencari informasi dibandingkan dengan
BUKU.
2.Telepon
a.Definisi
Telepon
adalah alat telekomunikasi
yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Umumnya
penemu telepon adalah Alexander
Graham Bell, dengan
telepon pertama
dibuat di Boston,
massachusets,
pada tahun 1876.
Tetapi, penemu italia antonio meucci telah menciptakan telepon pada
tahun 1849,
dan pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai
pencipta telepon
oleh kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell.
b.Cara
Memakai
Tekan
(nomor rumah/lainnya )yang akan anda hubungi lalu mulai berbicara
,setelah selesai berbicara tutup kembali telepon dengan RAPAT.Jika
orang yang anda hubungi tidak mengangkat(dan anda ingin mencoba
lagi,cukup menutup telepon lalu tekan REDIAL).
c.Guna
Dari Telepon
Berbicara
dengan orang yang tempatnya jauh dari diri kita(beda rumah/beda
keberadaan,tidak lebih jauh dari satu kecamatan ).
3.Handphone(Telepon
Genggam)
a.Definisi
Telepon
genggam, biasanya disebut juga dengan cellular.Merupakan pengembangan
teknologi telepon,
dimana perangkatnya dapat digunakan sebagai perangkat untuk mobile
atau berpindah-pindah
b.Cara
Memakai
Pertama-tama
isi pulsa ,baterai penuhkan lalu mulai tekan nomor teman anda atau
yang lainnya lalu tekan tombol gambar telepon (berwarna hijau
diangkat)lalu mulai berbicara setelah selesai berbicara tekan tombol
(gambar telepon berwarna merah ,ditutup).
c.Guna
Dari Handphone(Telepon Genggam)
Sama dengan telepon namun bedanya bisa di bawa kemana saja karena ukuran tubuhnya.
Sama dengan telepon namun bedanya bisa di bawa kemana saja karena ukuran tubuhnya.
4.Fax
a.Definisi
Disingkat
dengan FoIP, Suatu mekanisme untuk mengirimkan fax melalui Internet
(yang berbasis IP). Hal ini mirip seperti VoIP.
b.Cara
Menggunakan
Tekan
nomor fax yang anda tuju lalu tunggu sebentar,maka dokumen akan
terkirim.
c.Guna
Dari Fax
Mengirim
dokumen dari suatu negeri ke negeri lainnya.
5.Pager.
a.Definisi
Pager
adalah alat panggil seperti handphone namun lebih praktis
dikarenakan,pager tidak memiliki fasilitas lainnya selain sms.Pager
hanya bisa menerima SMS dan tidak bisa mengirim SMS.
b.Cara
Menggunakan
Tekan
nomor pager yang anda tuju lalu ketik yang anda ingin katakan pada
yang anda kirimkan.
c.Guna
Dari pager
Mengirimkan
SMS kepada orang yang kita tuju dengan cepat dan lebih praktis.
6.Push
To Talk
a.Definisi
Alat
bicara yang ukuran tubuhnya lumayan kecil.Pembicara yg memakainya
harus bergantian dengan lawan bicaranya ,misal:si A berbicara lalu
berhenti, si B menunggu bunyi *beep barulah menjawabnya.Kesimpulannya
1 PTT bisa dipakai dengan berbanyak orang namun orang-orang yang
memakainya harus berbicara SECARA BERGANTIAN.
b.Cara
Memakainya
Si
A berbicara lalu berhenti,Lawan bicaranya (si B) menunggu bunyi *beep
barulah menjawabnya,begitu juga dengan si c,d,e,f,dan lainnya.
A.
Tehnik Pengumpulan Data
1. Wawancara
Wawancara ialah
proses interaksi atau komunikasi secara langsung antara pewawancara
dan responden. Pengumpulan data dengan tehnik wawancara dapat
digunakan untuk memperoleh data yang bersifat fakta, misalnya umur,
pekerjaan, jumlah anak, tingkat pendidikan dan riwayat kesehatan.
Wawancara juga dapat digunakan untuk menilai sikap, pendapat,
pengalaman, dan sebagainya.
Keuntungan
a. Memotivasi orang
yang diwawancarai untuk menjawab dengan bebas dan terbuka
b. Pewawancara dapat
mengembangkan pertanyaan
c. Pewawancara dapat
melihat kebenaran jawaban melalui gerak-gerik dan raut wajah yang
diwawancarai
Kerugian
a. Membutuhkan waktu
yang lama
b. Tergantung dari
kepapandaian si pewawancara
c. Dapat mengganggu
orang yang diwawancarai
2. Kuesioner
Kuesioner adalah
daftar pertanyaan tertulis yang ditujukan kepada responden. Jawaban
responden atas semua pertanyaan dalam kuesioner kemudian
dicatat/direkam.
Kuesioner merupakan
metode pengumpulan data yang efisien bila peneliti mengetahui secara
pasti data/informasi apa yang dibutuhkan dan bagaimana variabel yang
menyatakan informasi yang dibutuhkan tersebut diukur.
Keuntungan
a. Daftar pertanyaan
baik untuk sumber data yang banyak
b. Responden tidak
merasa terganggu
c. Daftar pertanyaan
relatif lebih efisien untuk sumber data yang banyak
d. Karena daftar
pertanyaan biasanya tidak mencantumkan identitas responden, maka
hasilnya dapat lebih obyektif.
Kerugian
a. Daftar pertanyaan
tidak menggaransi responden untuk menjawab pertanyaan.
b. Daftar pertanyaan
cenderung tidak fleksibel
c. Pengumpulan
sampel tidak dapat dilakukan secara bersama-sama dengan daftar
pertanyaan.
d. Daftar pertanyaan
yang lengkap sulit untuk dibuat Observasi adalah pengamatan langsung
suatu kegiatan yang sedang dilakukan. Melalui observasi penganalisis
dapat memperoleh pandangan-pandangan mengenai apa yang sebenarnya
dilakukan, melihat langsung keterkaitan diantara para pembuat
keputusan di dalam organisasi, memahami pengaruh latar belakang fisik
terhadap para pembuat keputusan, menafsirkan pesan-pesan yang dikirim
oleh pembuat keputusan lewat tata letak kantor, serta memahami
pengaruh para pembuat keputusan terhadap pembuat keputusan lainnya
(Sevilla, 1993).
3. Observasi
Keuntungan
a.
Cenderung mempunyai keandalan yang tinggi
b. Analis sistem
dapat melihat langsung apa yang sedang dikerjakan
c. Analis sistem
dapat menggambarkan tata letak fisik dari kegiatan kegiatan
d. Analis sistem
dapat mengukur tingkat dari suatu pekerjaan
Kerugian
b. pekerjaan yang
diobservasi mungkin tidak dapat mewakili suatu tingkat kesulitan.
c. Dapat mengganggu
kerja yang dilakukan.
nah itu tadi adalah artikelnya, bagi yang ingin melihat hasil powerpoint kami bisa langsung didownload disini.
=Semoga Bermanfaat=