Search This Blog

Loading...

APK dan JOGJA

Wednesday, June 5, 2013

Mudahnya belajar Stenografi

Bagi kalian mungkin masih belum mendengar kata Stenografi atau biasa disebut steno. tapi bagi orang perkantoran khususnya saya (promo) pasti sudah mengenalnya dan bahkan sudah bisa mengaplikasikannya. yup, Stenografi adalah cara menulis ringkas dan cepat yang biasanya dipakai untuk menyalin pembicaraan. Ada banyak sistem stenografi di dunia, tergantung pada konvensi yang dipakai untuk mengkonversi tiap alfabet.



cara menulis STENO pun sebetulnya gampang-gampang susah (itu berarti lebih banyak gampangnya daripada susahnya) yang harus kalian pahami hanyalah tinggi sebuah huruf dan kemiringannya seperti pada gambar diatas, lihatlah huruf "Ï"dan "Ü", keduanya memiliki panjang yang sama yaitu 2 ruang tetapi  huruf U lebih condong, itulah yang membuat kedua huruf tersebut berbeda.

Perlu diketahui juga, huruf vokal "A I U E O" ditulis dari bawah keatas, sedangkan konsonan dari atas kebawah.

Oleh karena itu, jika ada sebuah kata yang konsonan bertemu dengan konsonan, maka harus disisipkan dengan e (pepet). CONTOH : IRCHAM maka dalam penulisannya menjadi IRECEHAM
begitu juga jika vokal bertemu vokal maka harus disisipkan oleh huruf H.
penulisan STENO bukan berdasarkan kata sebenarnya tetapi berdasarkan apa yang didengar.
CONTOH : DOWNLOAD maka penulisannya harus DOUNLOT.


jika kalian ingin belajar steno pastikan kalian belajar saat mau ULANGAN (lumayan buat contekan, toh kalau gurunya tau gak bakalan ngerti tulisan apa itu, hehehehe)


yah cukup segitu saja yang saya bagikan saat ini, semoga bermanfaat.








Jangan Lupa di Like Ya!!!






Silahkan berkomentar, kritik dan saran disini!!!