Search

APK dan JOGJA

Friday, November 15, 2013

Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia Sejak Dini (yayuk eka liana)



Bahasa Indonesia  adalah bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sebagai rakyat Indonesia tidak hanya menjadikan bahasa Indonesia sebagai sebuah alat komunikasi semata, melainkan sebagai identitas Negara yang diakui oleh undang-undang. Bahasa Indonesia mengajarkan bagaimana cara berbahasa dan bertutur kata yang baik dan benar. Selain itu, juga dapat menumbuhkan rasa kesopan-santunan. Oleh karena itu, di era globalisasi ini dan ditambah pula dengan maraknya “bahasa gaul” dikalangan masyarakat, bahasa Indonesia harus tetap terjaga agar tidak memudar seiring dengan perkembangan zaman.

Kemampuan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar juga sangat diperlukan dalam bentuk tulisan misalnya membuat surat, laporan, makalah dan sebagainya. Bahasa Indonesia merupakan warisan budaya yang harus dijaga keaslian dan keutuhannya, karena tidak ada negara selain indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia. Dan dalam penggunaan bahasa Indonesia sangat unik. Bahasa Indonesia tidak boleh dilupakan, untuk itu harus terus dipelajari sampai kapan pun karena masih banyak yang belum diketahui bagaimana cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia dimasukkan dalam kategori mata pelajaran yang wajib.
Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Karena itulah bahasa indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari sebagai alat pemersatu bangsa indonesia yang berbeda-beda ini. Komunikasi yang dilakukan oleh setiap orang bukan hanya komunikasi secara lisan, juga secara tulisan. Banyak orang menganggap tidak perlu mempelajari bahasa Indonesia karena merasa apabila lawan bicara mengerti maka tidak perlu mempelajari bahasa Indonesia yang terkesan baku. Memang alasan ini cukup bisa diterima, bahasa Indonesia tidak hanya mengajarkan kalimat baku dan sebagainya tetapi juga mengajarkan mengenai intonasi, penekanan kalimat, dan etika berbicara kepada orang lain. Dititik inilah bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari.
Bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk dipelajari secara baik dan benar sebagai alat untuk mengenali dan mengembangkan kebudayaan serta hasil karya bangsa. Bagaimana mungkin dapat mengapresiasi hasil karya seperti puisi, syair, cerita, dan lainnya jika tidak mampu mengerti dan mempelajari karya-karya tersebut. Agar karya dari bangsa tetap bisa dikenali seterusnya maka harus belajar menggunakan dan mempelajari bahasa Indonesia secara baik dan benar.








Jangan Lupa di Like Ya!!!






Silahkan berkomentar, kritik dan saran disini!!!